Untuk anda yang memiliki perusahaan tentu tidak lepas dari kegiatan transkasi keluar masuk uang. Dari kegiatan transaksi keuangan tersebut tentu terdapat bukti transaksi. Apa sih yang di maksud dengan bukti transkasi ? Bukti transaksi merupakan sebuah catatan menganai keuangan yang menyatakan terjadikan kegiatan transaksi di saat itu. Bukti transkasi tersebut seperti kwintansi, bon, invoice, dan faktur pajak. Biasanya bukti transaksi ini digunakan sebagai dasar dalam melakukan pencatatan keuangan atau bahkan dapat juga digunakan sebagai alat rekam dari kegiatan transkasi dalam satu periode tertentu atas pembelian dan penjualan barang atau jasa. 

Fungsi Bukti Transaksi 

Jika ditanya penting gak sih bukti transaksi itu ? nah bukti transaksi merupakan hal yang penting didalam perusahaan. Karena dengan adanya bukti transkasi perusahaan dapat melakukan pencatatan keuangan, dan dari hasil pencatatan tersebut maka akan diketahui mengenai kesehatan keuangan perusahaan. Nah, simak yuk fungsi bukti transaksi berikut ini : 

  • Dapat mengetahui pihak yang bertanggung jawab atas transaksi keuangan.
  • Dapat mengurangi terjadinya kesalahan dalam melakukan pencatatan transkasi.
  • Dapat digunakan sebagai media informasi mengenai transkasi keuangan yang terjadi, dan 
  • Dapat menghindari terjadinya kecurangan.

Jenis – Jenis Bukti Transaksi

Bukti transaksi dibagi menjadi dua, yaitu : 

  • Bukti transaksi internal

Bukti transaksi internal merupakan jenis bukti transaksi yang berasal dari dalam perusahaan. Transaksi yang dilakukan biasanya dilakukan oleh personalia perusahaan dan transaksi yang mengikuti di dalam perusahaan. Biasanya transaksi internal ini berorientasi kepada perubahan posisi keuangan yang terjadi didalam perusahan tersebut. Bukti transaksi yang dibuat atau dikeluarkan biasanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan perusahan itu sendiri. Kemudian bukti transkasi internal ini nanti dicocokan dengan memo dari pemimpin perusahaan. 

Adapun contohnya seperti : 

  1. Memo
  2. Bukti kas masuk, dan 
  3. Bukti kas keluar
  • Bukti transaksi eksternal

Bukti transaksi eksternal merupakan jenis bukti transaksi yang berasal dari pihak luar perusaahaan. 

Adapun contohnya seperti 

  1. Kuintansi
  2. Faktur atau invoice
  3. Nota debit
  4. Nota kredit 
  5. Rekening koran dan 
  6. Bilyet Giro