Pajak penghasilan merupakan pajak yang dikenakan untuk orang pribadi, perusahaan atau badan hukum lainya atas penghasilan yang didapat dalam satu tahun pajak. Dasar hukum pajak penghasilanpun mengalami perubahan beruturut-turut dan yang terakhir adalah UU No 36 dan Tahun 2008. Untuk subjek pajak sendiri dikenakan apabila menerima atau memperoleh penghasilan. Biasanya penerima atau yang menerima penghasilan ini disebut sebagai wajib pajak. 

Lalu, apa saja yang diatur dalam Undang-Undang Penghasilan ? 

Didalam Undang-undang penghasilan diatur beberapa hal, antara lain : 

  • Sumber Pajak Penghasilan

Telah banyak diketahui bahwa subjek pajak penghasilan yang berdasarkan undang-undang pajak penghasilan meliputi : 

  1. Orang pribadi atau yang disebut perseorangan 
  2. Warisan yang belum terbagi sebagai suatu kesatuan, menggantikan yang berhak;
  3. Badan yang terdiri dari Perseroan Terbatas, CV, (BUMN) Badan Usaha Milik Negara dan (BUMD) Badan Usaha Milik Daerah dengan nama dan dalam bentuk apapun, persekutuan, perseroan atau perkumpulan lainnya, firma, kongsi, perkumpulan koperasi, yayasan atau lembaga, dan bentuk usaha tetap.
  • Objek Pajak Penghasilan 

Objek pajak merupakan penghasilan yang memiliki tambahan kemapuan ekonomis yang diterima atau diperoleh dari wajib pajak yang berasal dari dalam ataupun luar negeri. Seperti : 

  1. Gaji, upah, uang pensiun, imbalan, komisi, bonus atau gratifikasi. 
  2. Honorarium, hadiah undian dan penghargaan
  3. Laba bruto usaha
  4. Keuntungan karena adanya penjualan atau pengalihan harta.
  5. Penerimaan kembali pembayaran pajak yang telah diperuntukan sebagai biaya
  6. Bunga, 
  7. Dividen dengan nama dan bentuk apapun yang dibayarkan oleh perseorangan
  8. Royalti
  9. Sewa dari harta
  10. Keuntungan dari pembebasan utang, dan 
  11. Penerimaan atau perolehan pembayaran berkala.

Cara Menghitung Pajak Penghasilan

Menghitung besarnya pajak penghasilan yang terutang memerlukan pengetahuan mengenai Undang-Undang Penghasilan Kena Pajak. Cara tersebut di perlukan untuk menghitung pajak penghasilan yang diperoleh. Dalam memahami tentu membutuhkan waktu yang tidak sedikit, selain itu kebenaran yang dihasilkan juga tidak dapat dipastikan. Untuk memudahkan dalam menghitung pajak penghasilan terutama perseroan terbatas, CV, BUMN atau bahkan BUMD dan lembaga lainnya dapat menggunakan jasa konsultan pajak dan pengacara pajak Kristaxlawconsulting.com.

Kristaxlawconsulting.com siap membantu melakukan pembukuan dan penelitian perhitungan pajak serta penyusunan laporan pajak dengan menggunakan software accounting. Tenaga yang dimiliki pun sangat terpercaya, independent dan profesional dalam memberikan layanan berkualitas tinggi dalam bidang perpajakan dan akuntansi. 

Layanan yang ditawarkan oleh Kristax law consulting meliputi : 

  • Jasa Konsultasi Pajak yang meliputi Pengurusan Pajak, Restitusi PPh dan PPN, Pemeriksaan pajak, Akunting dan Payroll
  • Jasa Pengacara Pajak yang meliputi Konsultan Pajak bersertifikasi dan berpengalaman dalam Kasus Perpajakan dan Pengadilan Pajak.